Beberapa pertanyaan dasar dalam aspek pasar adalah :
a. Berapa market potential (pasar potensial) yang tersedia untuk masa yang akan datang ? Untuk keperluan ini hal yang perlu diketahui adalah:
- Tingkat permintaan masa lalu
- Variabel-variabel yang mempengaruhi permintaan.
b. Berapa market share yang dapat diserap dari keseluruhan pasar potensial? Bagaimana perkembangan market share untuk masa mendatang ?
c. Strategi pemasaran yang bagaimana dapat digunakan untuk mencapai market share (dalam analisis pemasaran)?
Pengertian Pasar : menurut Stanton adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakannya
Permintaan: Jumlah barang yang dibutuhkan konsumen yang mempunyai kemampuan membeli pada berbagai tingkat harga.
Faktor yang mempengaruhi permintaan antara lain:
a. harga barang itu sendiri,
b. harga barang lain,
c. pendapatan,
d. selera.
Penawaran: Berbagai kuantitas barang yang ditawarkan di pasar pada berbagai tingkat harga.
Faktor yang mempengaruhi penawaran antara lain:
a. harga barang itu sendiri,
b. harga barang lain,
c. biaya produksi,
d. tingkat teknologi,
e. tujuan perusahaan.
Bentuk-bentuk Pasar.
a. Pasar persaingan sempurna, pada bentuk pasar ini kegiatan persaingan tidak begitu tampak dan pembeli jumlahnya terbatas.
b. Pasar persaingan monopolis, merupakan campuran antara persaingan sempurna dengan monopoli.
c. Pasar persaingan oligopoli, pasar dengan jumlah penjual yang terbatas.
d. Pasar persaingan duopoli, pada pasar ini terdapat dua penjual.
Macam-macam Pasar.
a. Pasar konsumen : pasar dimana konsumennya merupakan konsumen akhir
b. Pasar industri : pasar dimana pembelinya memproses lebih lanjut untuk disewakan/dijual
c. Pasar penjual kembali (reseller): pedagang menengah, dealer, distributor, grosir, agen.
d. Pasar pemerintah: pasar yang terdiri dari unit-unti pemerintah yang membeli / menyewa barang / jasa untuk menjalankan tugas pemerintahan.
Segmentasi Pasar
Adalah kegiatan membagi pasar yang heterogen kedalam pasar yang homogen.
Menentukan posisi pasar dapat dilakukan dengan cara:
a. mengidentifikasi keunggulan kompetitif,
b. memilih keunggulan kompetitif,
c. mewujudkan dan mengkomunikasikan posisi.
Analisis Persaingan
Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan analisis persaingan
a. Mengidentifikasi pesaing
b. Menentukan sasaran pesaing
c. Mengidentifikasi strategi pesaing
d. Menilai kekuatan dan kelemahan
e. Mengestimasi pola reaksi pesaing
f. Memilih pesaing
Strategi Kompetitif
Posisi Kompetitif :
a. Pemimpin (pemuka) pasar (market leader)
b. Penantang pasar (market challenger)
c. Pengikut pasar (market follower)
d. Pengisi relung pasar (market nicher)
2. Analisis Aspek Pemasaran
Ruang lingkup dalam analisis pemasaran yaitu bauran pemasaran (4P – Product/produk, price/harga, place/saluran distribusi, and promotion/promosi).
Dalam bukunya Ahmad Subagya, SE, MM, bauran pemasaran yang perlu dibahas dalam analisis aspek ini ada 8P (Product, Price, Place, Promotion, Positioning, Process, Physical evidence and People yang dikenal dengan istilah bauran pemasaran sinergis). Secara umum yang akan dibahas untuk selanjutnya hanya terbatas pada 4P.
Strategi Produk :
a. Jenis-jenis Produk beserta Atributnya
Pengertian produk: suatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan atau dikonsumsi.
Produk dapat dibedakan atau diklasifikasikan kedalam beberapa macam seperti barang konsumsi, industri dan lainnya.
Pengembangan sebuah produk mengharuskan perusahaan menetapkan manfaat apa yang akan diberikan oleh produk manfaat-manfaat ini dikomunikasikan dan dipenuhi oleh atribut produk yang berujud seperti mutu, ciri dan desain.
b. Keputusan Merk, Kemasan dan Label
Merk dapat menambah nilai produk. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam menentukan sebuah merk.
- Menunjukkan sesuatu tentang manfaat dan mutu produk
- Mudah dibedakan dengan produk lain
- Dapat didaftarkan kepada badan hukum
Kemasan. Banyak barang yang ditawarkan kepasar harus dikemas terlebih dahulu. Kegunaan dari kemasan meliputi:
- menjaga atau melindungi produk
- memudahkan pengangkutan
- menarik konsumen
Label: Mempunyai berbagai fungsi. Setidaknya label mengidentfikasikan produk atau merk.
c. Strategi Daur Hidup Produk
Barang/produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan menjalani siklus/daur kehidupan. Siklus/daur kehidupan barang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan.
Strategi Harga :
a. Pengertian Harga: Harga adalah sejumlah nilai yang ditukarkan oleh konsumen dengan manfaat dan suatu produk atau jasa.
Keputusan mengenai harga dipengaruhi oleh beberapa faktor :
- Sasaran pemasaran
- Pertimbangan organisasi
- Konsumen
- Pesaing
b. Pendekatan Umum Penetapan Harga
- Berdasarkan biaya, yaitu metode penetapan harga biaya plus
- Analisis pulang pokok
- Berdasarkan persepsi pembeli
- Berdasarkan persaingan
Strategi Promosi :
Dalam strategi ini harus memperhatikan bauran promosi yang terdiri dari:
1. Periklanan (Advertising)
2. Personal Selling
3. Promosi Penjualan
4. Publisitas.
Periklanan: Segala bentuk penyajian dan promosi non pribadi yang dibayar baik mengenai gagasan, barang atau jasa oleh sponsor yang teridentifikasikan.
Didalam mengembangkan periklanan ada beberapa keputusan yaitu:
a. Menetapkan sasaran, iklan dimaksudkan untuk memberitahukan, meyakinkan atau untuk mengingatkan suatu produk.
b. Menciptakan pesan periklanan
c. Memilih media periklanan
d. Mengevaluasi program periklanan.
Personal selling (Penjualan pribadi)Pada kegiatan promosi ini terjadi interaksi jangka pendek untuk meningkakan pembelian atau penjualan suatu produk/jasa dimana pembelian diharapkan dilakukan sekarang juga.
Strategi Saluran Distribusi
Saluran distribusi merupakan jalan (saluran) yang akan dilalui oleh suatu produk untuk sampai ketangan konsumen. Jenis saluran disribusi bisa langsung, yaitu produsen langsung ke konsumen; dan saluran distribusi tidak langsung dengan menggunakan perantara untuk sampai ketangan konsumen.
Untuk mendesain suatu sistem saluran diperlukan analisis kebutuhan layanan konsumen, penetapan sasaran dan kendala sasaran, pengidentifikasian alternatif-alternatif saluran yang utama serta evaluasinya. Keputusan ini meliputi:
1. menganalisis kebutuhan layanan konsumen;
2. menetapkan sasaran dan kendala saluran;
3. mengidentifikasi alternatif utama;
4. mengevaluasi alternatif saluran utama.
Keputusan mengenai manajemen saluran:
1. memilih anggota saluran;
2. memotivasi anggota saluran;
3. mengevaluasi anggota saluran.
Proses Manajemen Pemasaran
Pemasaran bukanlah sekedar menjual atau memasang iklan semata tetapi merupakan keseluruhan proses yang dilakukan oleh perusahaan. Unsur-unsur dari proses itu :
a. Membuat Rencana Pemasaran.
Perencanaan yang baik merupakan salah satu faktor keberhasilan usaha. Perencanaan dapat berupa perencanaan jangka panjang, menengah maupun jangka panjang.
b. Menganalisis Peluang Pasar.
Setiap perusahaan harus mampu mengidentifikasi peluang-peluang baru dipasar dan terus menerus mencari cara baru untuk menawarkan suatu nilai kekonsumen.
c. Memilih Pasar Sasaran.
Perusahaan tentunya mengetahui bahwa dia tidak dapat memuaskan semua konsumen sehingga perlu memiliki dan menetapkan konsumen yang akan dilayani.
d. Mengembangkan Bauran Pemasaran.
e. Mengelola Usaha Pemasaran.