Sabtu, 11 Desember 2010

Analisis Kebijakan Fiskal Dalam Sistem Perpajakan Sederhana (2)

Pendapatan Nasional Ekuilibrium
Pendapatan nasional suatu perekonomian akan mencapai ekuilibrium apabila besarnya saving nasional telah menyamai besarnya investasi nasional. Apakah pernyataan ini berlaku juga bagi perekonomian tertutup dimana sudah kita jumpai adanya tindakan fiskal pemerintah ?

Dalam perekonomian tertutup tanpa adanya tindakan fiskal pemerintah, kita telah mengetahui bahwa yang merupakan sumber daripada pendapatan nasional adalah pengeluaran masyarakat untuk konsumsi dan pengeluaran masyarakat untuk investasi. Akan tetapi dalam perekonomian dimana pemerintah turut juga mengadakan transaksi-transaksi pembelian berupa “ government expenditure “, produk nasional dibagi-bagikan sebagian untuk konsumsi pemerintah, sebagian untuk konsumsi sasta dan sebagian lagi untuk investasi.

Mengingat bahwa untuk dapat menerima bagian-bagian daripada produk nasional tertentu, baik masyarakat konsumen, badan-badan swasta maupun badan pemerintah harus mengeluarkan uang sebagai pembayarannya, maka dapatlah dikatan bahwa dari segi sumbernya , dalam perekonomian tertutup dengan adanya tindakan fiskal pemerintah, pendapatan nasional terdiri dari C ( pengeluaran konsumsi), I ( pengeluaran investasi), dan ( pengeluaran pemerintah), Singkatnya Y = C + I + G

Dari pendapatan ini, oleh penerima pendapatan sebagian dipergunakan untuk membayar pajak kepada pemerintah. Akan tetapi sebaliknya kepada orang-orang atau badan-badan tertentu pemerintah memberikan uang tanpa mengharapkan adanya balas jasa yang langsung. Transaksi tersebut disebut “ government transfer “ atau transfer pemerintah. Pendapatan setelah diperhitungkan penerimaan transfer dari pemerintah dan pajak yang diserahkan kepada pemerintah inilah yang kita sebut “ disposable income “ yaitu pendapatan yang sudah siap dipakai untuk konsumsi dan saving.

Jadi disposable income sama dengan besarnya pendapatan nasional perekonomian Negara ditambah dengan besarnya transfer pemerintah dikurangi dengan besarnya pajak yang dipungut oleh pemerintah .

Yd = Y + Tr - Tx
Y = Yd - Tr + Tx
Mengingat bahwa disposable income tersebut itulah yang dipergunakan untuk konsumsi dan sisanya merupakan saving maka dapat ditulis

Yd = C + S

Kalau pernyataan-pernyataan tersebut kita kumpulkan
Y = C + I + G
Y = Yd - Tr + Tx
Yd = C + S

Maka

C + I + G = Yd - Tr + Tx
C + I + G = C + S - Tr + Tx
I + G + Tr = S + Tx

Untuk ekuilibriumnya pendapatan nasional Y dari waktu ke waktu harus sama besarnya dan untuk ini diperlukan bahwa jumlah I + G + Tr = S + Tx .

Formula Untuk menentukan Tingkat Pendapatan Nasional Ekuilibrium
Ada dua cara untuk menurunkan formula yang dapat dipergunakan untuk menemukan besarnya pendapatan nasional ekuilibrium.

CARA KE I

Y = C + I + G
C = a + cYd
Yd = Y + Tr - Tx

Maka
Y = C + I + G
Y = a + cYd + I + G
Y = a + c (Y + Tr - Tx ) + I + G
Y = a + cY + cTr - cTx + I + G
Y - cY = a + cTr - cTx + I + G
( 1 - c)Y = a + cTr - cTx + I + G

sehingga

Y = ( a + cTr - cTx + I + G) / ( 1 - c)

CARA KE II

Dengan menggunakan persamaan

S + Tx = I + G + Tr maka akan diperoleh persamaan sebagai berikut :

S + Tx = I + G + Tr
Yd - C + Tx = G + Tr + I
Yd - ( a + cYd) + Tx = G + Tr + I
( Y + Tr - Tx ) – [ a + c (Y + Tr - Tx ) ] + Tx = G + Tr + I
Y + Tr - Tx – a - c Y - cTr + cTx + Tx = G + Tr + I
Y - c Y = - Tr + Tx + a + cTr - cTx - Tx + G + Tr + I
(1 - c )Y = a + cTr - cTx + G + I

sehingga

Y = ( a + cTr - cTx + G + I) / (1 - c )

Contoh soal
Pendapatan Nasional , Konsumsi Dan Saving Ekuilibrium
Diketahui
1. Fungsi Konsumsi C = 0,75 Yd + 20
2. Investasi I = 40
Pajak Tx = 20
Konsumsi Pemerintah G = 60
Transfer Pemerintah Tr = 40

Berdasarkan data diatas , hitunglah besarnya pendapatan nasional ekuilibrium, konsumsi ekuilibrium dan saving ekuilibrium !